Sabtu, 19 Juli 2008

Solusi merawat anak sakit

Merawat Anak Sakit, Ada Caranya

TIDAK seperti merawat orang dewasa, merawat anak sakit sering memerlukan lebih banyak kecakapan dan pengertian. Pikiran anak kecil berbeda. Ia tidak punya pengalaman untuk menuntunnya. Penyakit-penyakit di masa kanak-kanak biasanya nyata benar dan dalam banyak hal disertai demam tinggi dengan muntah-muntah dan nyeri.

TIPS MERAWAT ANAK SAKIT

* Jangan menakut-nakuti anak, beri contoh ketenangan.

kenapa? ini sebabnya
Seorang anak yang sakit dengan sendirinya merasa takut, meskipun orangtuanya sudah mengatakan kepadanya bahwa ia akan sembuh kembali dalam beberapa hari. Tiap anak punya khayalan aktif dan malahan menjadi lebih aktif lagi bila ia sakit. Berhati-hatilah jangan sampai menambah ketakutannya.

* Anggap anak sebagai pahlawan, jangan dimanjakan.

Semua anak suka dianggap sebagai pahlawan. Jika anak sakit, jangan dimanjakan. Jika ia harus disuntik, katakanlah kepadanya bahwa suntikan itu akan menyakitinya sedikit, tetapi ia segera akan sembuh. Tolonglah dia untuk berlaku seperti seorang dewasa. Nyeri sedikit akan menolong dia untuk tumbuh dan menghadapi dunia untuknya sendiri.

* Jangan menjadikan penyakit yang enteng kelihatan berbahaya.

Jika orangtua selalu banyak diperhatikan, mungkin ia lebih suka tinggal sakit. Usahakanlah memakai akal budi dalam sikap orangtua, supaya anak layak diberi pengertian dan cinta orangtuanya.

* Jangan izinkan banyak tamu melawat guna menghindari
percakapan terlalu banyak.

Berhati-hatilah dengan para tamu, terutama bila seorang anak sakit. Sahabat karib dan sanak-saudara sekalipun boleh diizinkan di kamar hanya selama beberapa menit setiap kali melawat. Jangan izinkan para tamu melawat anak yang sakit, karena biasanya mereka bercakap-cakap terlalu banyak dan mudah sekali anak itu salah mengerti. Ia akan sembuh lekas tanpa adanya banyak tamu.

* Tunjukkan anak keindahan alam seperti bunga-bungaan,
tanaman, atau binatang.

* Ceritakan hal-hal menggembirakan, hindari perbincangan
menyedihkan.

* Jangan berbisik-bisik di hadapan anak sakit, lebih baik di
kamar lain.

* Perdengarkan cerita-cerita bagus melalui suara orangtuanya
langsung.

* Ajar anak untuk percaya pada Tuhan.

Lebih dari segala-galanya, ajarlah anak untuk percaya akan Tuhan. Ia harus tahu bahwa ia tidak sendirian. Bacakanlah kepadanya dari kitab suci dan ajarlah ia berdoa. Ini akan membawa hiburan yang sesungguhnya selama hari-hari yang panjang dan selama berjam-jam yang sunyi di waktu malam. Banyak sekali obat-obatan yang baik dapat diperoleh dewasa ini, tetapi kasih, sifat ramah tamah, dan pengertian akan lebih meringankan penderitaan dan kecemasan daripada segala obat-obatan ajaib yang ada pada kita.

dwiexs.wordpress.com

Tidak ada komentar: